Skip to main content

Search This Blog

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru Di Update Maret 2019

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru– Kuota internet kini sudah menjadi pengeluaran rutin yang harus diperhitungkan tiap bulan, walaupun terkadang masih saja bisa menguras kantong diam-diam.Penggunaan internet yang tidak terkontrol dapat berujung terkurasnya kuota internet bulanan. Ujung-ujungnya harus beli paket kuota internet baru yang mungkin tidak murah, atau bahkan sampai menyedot pulsa karena tak sadar paketan sudah tiada.

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru

Cara yang sering dijumpai untuk menghemat kuota internet diakali dengan penggunaan WiFi. Namun, tidak semua tempat menyediakan WiFi gratis sedangkan internet hampir dibutuhkan di setiap tempat dan waktu. Yuk coba cara-cara berikut ini untuk menghemat kuota internet kamu.

1. Menghemat kuota melalui aplikasi ‘Maps’

Jarang diperhatikan, ternyata fitur Maps ini cukup menguras kuota internet. Aplikasi Maps ini akan makin banyak menguras data bila Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps.

Setelah itu kamu bisa menggesernya ke bawah sampai bertemu pilihan “Save map to use offline”. Dari sini kamu bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk platfom iOS, kamu bisa menuju settings > privacy > lalu matikan pilihan ‘Location Services’.

Jika kamu sewaktu-waktu ingin menggunakan layanan aplikasi ini, cukup aktifkan kembali pilihan yang sebelumnya kamu ubah.

2. Gunakan browser yang lebih efisien

Masih tidak disangka, ternyata pemilihan browser kamu bisa juga jadi penyebab cepatnya kuota kamu terkuras. Ada pula yang menguga bahwa kinerja browser default atau browser bawaan smartphone kurang efisisen dalam urusan pendayagunaan kuota internet.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien semisal Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang akan kunjungi.

Dengan fitur data-saving “video boost”, kamu juga mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

Selain Opera Mini, alternatif browser lainnya adalah Google Chrome. Tapi, ada triknya juga untuk menggunakan Chrome. Triknya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Selain itu ada pula Firefox Lite, aplikasi browser hemat kuota data internet milik Mozilla. Sebelumnya browser ini punya nama Firefox Rocket.

3. Nonaktifkan fitur sinkronisasi terhadap aplikasi yang tidak diinginkan

Ada banyak aplikasi dari ponsel kamu yang melakukan sinkronisasi atau memperbarui walaupun sedang tidak digunakan. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

Untuk Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Untuk iOS, buka settings > general > lalu pilih nonaktifkan background app refresh.

4. Gunakan aplikasi yang ‘hemat’ data

Media sosial kerap menjadi sumber utama kuota kamu terkuras. Maka cobalah beralih ke aplikasi medsos dalam versi yang lebih hemat data. Seperti Facebook Lite, Twitter Lite, Instagram Lite atau YouTube Go.

5. Hanya update aplikasi jika terhubung dengan WiFi

Selanjutnya, tips dan trik ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke WiFi. Terkadang tanpa kita sadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki.

Tentu saja hal ini tidak aka terlalu berpengaruh jika hanya satu aplikasi yang harus diupdate. Namun bagaimana jika puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update (pembaharuan)? Tentu saja akan makin banyak kuota yang yang diambil.

Maka untuk mengatasi hal ini, cukup mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat perangkat terhubung dengan WiFi.

Untuk mengaktifkannya, dalam Android bisa masuk ke Play Store dan pilih menuSettings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Untuk iOS, mask ke Settings > iTunes & App Stores > matikan pilihan Use Cellular Data.

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru
| admin